Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
implementasi media loose parts pada pembelajaran PAUD. Metode penelitian ini
menggunakan metode studi literatur yaitu mengkaji berbagai sumber terkait
implementasi media loose parts pada pembelajaran PAUD kemudian dianalisis sehingga menghasilkan sebuah hasil penelitian
yaitu kajian teoritis. Sumber data yang digunakan adalah beberapa artikel
jurnal ilmiah terkait media loose parts di PAUD, teknik analisis data yang
digunakan adalah teknis analisis berbasis kajian studi literatur. Hasil
penelitian yang dihasilkan adalah kajian teori terkait media loose parts di
pembelajaran PAUD. Media loose parts sangat memberikan dampak positif terhadap
pembelajaran di PAUD karena sifatnya yang longgar dan mudah didapatkan di
lingkungan sekitar serta ragamnya yang banyak sehingga memudahkan guru untuk
menyediakannya untuk media belajar siswa. Media loose parts memberikan inovasi
baru dalam pembelajaran di PAUD karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir
siswa, baik keterampilan berpikir kritis,
keterampmpilan berpikir kreatif. Kesimpulan yang dapat diambil dari
hasil penelitian studi literatur ini adalah media loose parts sangat direkomendasikan
untuk pembelajaran PAUD karena sifatnya yang longgar, mudah didapat dan banyak
ragamnya.
Kata kunci: media loose parts, pembelajaran PAUD
0 comments:
Posting Komentar