Senin, 19 Juli 2021

TEMA 1 SUB TEMA 1 Pembelajaran 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup


 Ciri Ciri Makhluk Hidup 

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak, memerlukan makanan dan air, bernapas, berkembang biak, dan mengalami pertumbuhan. Sedangkan benda tak hidup tidak memiliki ciri-ciri seperti makhluk hidup.


1.    Makhluk Hidup Memerlukan Makanan

Makanan berguna sebagai sumber energi. Energi digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Makhluk hidup memiliki jenis makanan yang berbeda-beda. Semua makhluk hidup memerlukan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Ikan memerlukan makanan sebagai sumber tenaga. Jika ikan tidak diberi makan, tubuhnya akan menjadi lemas. Jika dibiarkan terus-menerus, ikan akan mati. Manusia memakan makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Hewan memakan makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan lainnya. Tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk hidup. Akan tetapi, tumbuhan dapat membuat sendiri makanannya. Tumbuhan membuat makanannya di dalam daun. Selain membutuhkan makanan, makhluk hidup juga membutuhkan minum. Tanpa makan dan minum, makhluk hidup akan mati.


2. Makhluk Hidup Bernapas

        Udara yang segar baik untuk pernapasan. Udara yang segar banyak mengandung oksigen, misalnya pada saat pagi hari. Bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Oksigen diperlukan tubuh dalam proses pembakaran zat makanan. Pembakaran zat makanan menghasilkan energi (tenaga). Energi digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan.

          Alat pernapasan setiap makhluk hidup berbeda-beda. Hewan, seperti kuda, sapi, kerbau, kucing, dan gajah, bernapas dengan paru-paru. Hewan yang hidup di air, seperti ikan, bernapas dengan insang. Hewan serangga  bernafas dengan menggunakan trachea. cacing bernapas dengan menggunalkan kulitnya , oleh sebab itu kulit hewan cacing selalu basah agar mudah mengikat  oksigen . Tumbuhan juga membutuhkan udara. Udara masuk ke dalam tumbuhan melalui bagian-bagian tertentu yang ada pada daun (stomata), batang (lentisel) , atau akar.    



 

3. Makhluk Hidup Bergerak

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak. Makhluk hidup umumnya dapat bergerak. Cara makhluk hidup bergerak berbeda-beda. Manusia bergerak dengan berjalan. Adapun hewan ada yang berjalan, melompat, merayap, terbang, dan berenang. Selain manusia dan hewan, tumbuhan pun bergerak, tetapi tidak berpindah tempat seperti manusia dan hewan. Ada tumbuhan yang bergerak mengarah ke sumber cahaya. Tumbuhan putri malu akan menguncup jika disentuh daunnya. Menguncupnya daun putri malu merupakan contoh gerak tumbuhan. Contoh gerak tumbuhan lainnya adalah mekar dan kuncupnya bunga.





4. Makhluk Hidup Tumbuh

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran tubuh menjadi besar, baik berat maupun tingginya. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan. Tumbuhan mengalami pertumbuhan. Tumbuhan jagung berasal dari biji jagung yang ditanam di dalam tanah.

Hewan, tumbuhan  dan manusia juga mengalami pertumbuhan. Kita mengalami pertumbuhan dari mulai bayi sampai menjadi besar seperti sekarang. Tinggi dan besar orang dewasa berbeda dengan tinggi dan besar anak. Ayam mengalami pertumbuhan dari telur yang telah menetas sampai menjadi ayam. Tinggi anak ayam berbeda dengan tinggi induknya.

Kecepatan pertumbuhan setiap makhluk hidup tidak sama. Pada umur yang sama, tinggi badanmu dan tinggi pohon kelapa tidak sama. Pada umur tertentu, pertumbuhan makhluk hidup akan terhenti. Pada usia sekitar 22 tahun, tinggi badan manusia tidak akan bertambah lagi. Namun, ada jenis tumbuhan yang dapat tumbuh terus walau umurnya telah tua. Tumbuhan itu disebut sequoia raksasa yang terdapat di Amerika Serikat.



 

5. Makhluk Hidup Berkembang biak

Hewan, tumbuhan, dan manusia selalu ada dan bertambah banyak. Hal itu disebabkan oleh adanya kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan. Dengan menghasilkan keturunan yang sejenis, maka makhluk hidup dapat terus melestarikan jenisnya. Kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan disebut berkembang biak. Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang bertelur, beranak, berbiji, dan bertunas.

Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Kucing juga berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Setelah melahirkan, kucing menyusui anaknya. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Induk ayam yang sedang bertelur akan mengerami telurnya selama 21hari. Telur yang dierami akan menetas menjadi anak ayam.

Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak disebut beranak (vivipar). Hewan yang berkembang biak dengan cara menghasilkan telur disebut bertelur (ovipar).Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan melahirkan disebut bertelur dan beranak (ovovivipar). Contoh hewan yang berkembangbiak dengan bertelur dan melahirkan adalah kadal dan buaya. Cara berkembang biak tumbuhan lebih beragam, ada tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan biji buah yang ditanam. Tumbuhan juga dapat berkembang biak tanpa menggunakan biji. Cara berkembang biak seperti itu menggunakan bagian tubuh induknya, seperti bagian akar, batang, atau daun. Contohnya pohon pisang berkembang biak dengan tunas. Singkong yang berkembang biak dengan batangnya, dan wortel yang berkembang biak dengan akarnya.

 

6. Makhluk Hidup Menerima dan Menanggapi Rangsang

    Makhluk hidup peka terhadap rangsangan atau disebut iritabilitas. Rasa kaget merupakan bukti bahwa  makhluk  hidup tanggap terhadap rangsangan. Hewan dan tumbuhan juga menerima dan menanggapi rangsangsan seperti manusia.




      LATIHAN 1

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Manusia memerlukan makan dan minum untuk .....
  2. Manusia bernapas menghirup ....
  3. Udara yang dikeluarkan saat manusia bernapas adalah gas ....
  4. Alat pernapasan kupu – kupu adalah ....
  5. Tumbuhan juga bernapas, menghirup udara melalui ....
  6. Makhluk hidup peka terhadap rangsangan atau disebut juga ....
  7. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan, berarti bertambah ....
  8. Lumba - lumba  berkembangbiak dengan cara ....
  9. Cacing bernapas menggunakan ....
  10. Daun putri malu menanggapi rangsangan dengan cara ....

 

LATIHAN 2

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1.         Gas apa yang diperlukan manusia saat proses pembakaran zat makanan ?

2.         Melalui apakah tumbuhan menghirup gas untuk pernapasannya ?

3.         Menghasilkan apakah proses pembakaran zat makanan ?

4.         Apakah alat pernapasan lebah ?

5.         Dengan cara apakah ular bergerak ?

6.         Apakah yang menandai makhluk hidup mengalami pertumbuhan ?

7.         Dengan cara apakah pisang berkembangbiak ?

8.         Dengan cara apakah kelelawar berkembangbiak ?

9.         Apa yang dimaksud dengan berkembang biak dengan cara generative ?

10.       Apa yang dimaksud dengan berkembang biak dengan cara vegetative ?


Rabu, 30 Juni 2021

WORKSHOP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF BERMUATAN PENDIDIKAN BUDI PEKERTI PADA GURU SEKOLAH DASAR





Keterampilan menulis kreatif di jenjang sekolah dasar sangat penting. Keterampilan menulis kreatif di sekolah dasar dapat dibangun melalui kegiatan menulis puisi sederhana yang bersifat nasehat, yang pada akhirnya berorientasi pada membangun pendidikan budi pekerti.

Menulis puisi sederhana adalah salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan menulis kreatif. Menulis puisi sederhana di jenjang sekolah dasar dapat diberikan pada jenjang kelas bawah seperti kelas 1 - 3 dengan tema mendeskripsikan benda secara sederhana. 

Selain itu, diperlukan pula sebuah instrumen penilaian untuk mengukur hasil keterampilan menulis kreatif, khususnya pada menulis puisi. Contoh - contoh diskriptor dalam instrumen penilaian dalam menulis puisi adalah : penilaian ekspresi, penilaian pelafalan, penilaian intonasi, penilaian penjiwaan, dan lain - lain.

Dengan demikian perlu adanya workshop bagi guru - guru sekolah dasar dalam meningkatkan keterampilan menulis kreatif serta bagaimana menuangkannya dalam bentuk instrumen penilaian. Maka dari itu UNS melalui program setudi PGSD memberikan workshop kepada guru - guru SD untuk memberikan bimbingan teknis bagaimana strategi meningkatkan keterampilan menulis kreatif bermuatan pendidikan budi pekerti pada guru sekolah dasar.

UNDUH DISINI 👇


MATERI DIKLAT 




 

Senin, 28 Juni 2021

CONTOH ESAY SUCCES TAHAP 1 SELEKSI PENGAJAR PRAKTIK

 



Kemdikbud Ristek melalui program PENDIDIKAN GURU PENGGERAK telah membuka peluang bagi para guru/ kepala sekolah/ pengawas sekolah untuk mengikuti seleksi CALON PENGAJAR PRAKTIK. 

CALON PENGAJAR PRAKTIK adalah sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan Guru Penggerak. Praktik pengajar juga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik, mengevaluasi dan memberikan umpan balik (feed back) kepada calon guru penggerak selama pendidikan yaitu 9 bulan.

Sebelum dikukuhkan sebagai PENGAJAR PRAKTIK, seorang calon pengajar praktik harus melalui beberapa tahap seleksi. Tahap seleksi yang pertama meliputi : 
1. Melengkapi Curiculum Vitae
2. Unggah dokumen penting 
3. Membuat Esay 

Nah, pada poin membuat Esay ini, bapak ibu guru sering bertanya - tanya, esay yang bagaimana sich ? ... Berikut contoh Esay yang mengantarkan penulis lolos pada tahap 1 seleksi guru pengajar praktik. 





Senin, 31 Mei 2021

MEDIA TAKTIK BUTARNA ANTARKAN SEBAGAI FINALIS LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN DAN TEMBUS JURNAL INTERNASIONAL

 





Media Tak Tik Butarna merupakan media inovasi pembelajaran hasil kreativitas guru kelas tematik, dimana media Tak Tik Butarna merupakan akronim dari media otak atik bangun datar warna. Media Tak Tik Butarna  dalam implementasinya dapat digunakan di semua tema yang ada di kelas 1. Unsur – Unsur yang di otak atik dalam materi ini adalah muatan pelajaran yang ada pada setiap tema, baik muatan pelajaran PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, serta SBDP. Kesimpulannya media Tak Tik Butarna dapat diimplementasi di semua tema yang ada di kelas tematik.




UNDUH DISINI 👉artikel publish

PJJ TEMA 6 SUB TEMA 2 Perubahan Energi Pembelajaran 6

Kamis, 29 April 2021

PJJ TEMA 6 SUB TEMA 2 Perubahan Energi Pembelajaran 5

 MENGENAL HAK DAN KEWAJIBAN


Siswa membutuhkan sarana belajar. Sarana itu diperlukan agar siswa dapat belajar dengan nyaman di sekolah. Siswa perlu ruang kelas yang bersih. Siswa perlu halaman untuk bermain dan berolah raga. Sekolah juga harus menyediakan energi listrik untuk keperluan belajar. Listrik untuk penerangan. Listrik untuk menyediakan air. Juga listrik untuk menghidupkan peralatan yang diperlukan selama belajar.

Setiap bulan sekolah harus membayar penggunaan energi listrik. Sebagai warga sekolah siswa wajib ikut melakukan penghematan listrik. Matikan lampu kelas jika tidak diperlukan. Matikan keran air setelah digunakan. Sebagai warga sekolah yang baik siswa wajib menunjukkan kepedulian atas penggunaan energi di sekolah. 

Banyak hal yang dapat dilakukan dalam memenuhi kewajiban melakukan penghematan energi. Perilaku hemat merupakan perilaku yang disukai Tuhan. Tuhan menyukai orang-orang yang berbuat hemat. Tuhan menyukai orang-orang yang tidak melakukan pemborosan.