Selasa, 21 Januari 2020

Internasional Seminar On Mathematics Teaching and Learning (ISMATEL) P4TK MATEMATIKA YOGYAKARTA




Keberadaan bentuk matematika dalam budaya lokal saat ini sering diabaikan karena sering dianggap tidak memiliki kontribusi dalam kehidupan modern. Sebaliknya, etnomatematika berkontribusi dalam pengembangan identitas individu serta pengembangan kurikulum sekolah. Ethnomathematics menekankan pada faktor sosial budaya dalam proses belajar mengajar dan mengembangkan matematika serta melihat matematika sebagai praktik dan produk budaya. Hasil studi ethnomathematics dapat digunakan dalam pembelajaran matematika karena ethnomathematics terkait dengan budaya siswa dan situasi nyata sehingga mereka merasa terhubung dengan konteks yang dipelajari. Selain itu, memungkinkan siswa untuk mencapai pengetahuan yang diperlukan.

Oleh karena itu, ethnomathematics bertujuan menerapkan pengalaman budaya dan praktik siswa, komunitas, dan masyarakat secara individu untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna. Lebih penting lagi, ethnomathematics memungkinkan siswa untuk memahami bahwa pengetahuan matematika tertanam dalam budaya sosial mereka. Guru perlu mengetahui etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran matematika alternatif karena guru memainkan peran penting dalam mengembangkan inovasi pada konten dan praktik matematika di sekolah.

Berikut adalah laporan hasil Internasional Seminar On Mathematics Teaching and Learning (ISMATEL) :

DOWNLOAD DI SINI 👇

1 comments: