Keberadaan bentuk matematika dalam budaya lokal
saat ini sering diabaikan karena sering dianggap tidak
memiliki kontribusi dalam kehidupan modern. Sebaliknya, etnomatematika
berkontribusi dalam pengembangan identitas individu serta pengembangan
kurikulum sekolah. Ethnomathematics menekankan pada faktor sosial
budaya dalam proses belajar mengajar dan mengembangkan matematika serta melihat
matematika sebagai praktik dan produk budaya. Hasil studi ethnomathematics
dapat digunakan dalam pembelajaran matematika karena ethnomathematics terkait
dengan budaya siswa dan situasi nyata sehingga mereka merasa terhubung dengan konteks
yang dipelajari. Selain itu, memungkinkan siswa untuk mencapai pengetahuan yang
diperlukan.
Oleh karena itu, ethnomathematics bertujuan
menerapkan pengalaman budaya dan praktik siswa, komunitas, dan masyarakat
secara individu untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna. Lebih
penting lagi, ethnomathematics memungkinkan siswa untuk memahami bahwa
pengetahuan matematika tertanam dalam budaya sosial mereka. Guru
perlu mengetahui etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran matematika
alternatif karena guru memainkan peran penting dalam mengembangkan inovasi pada
konten dan praktik matematika di sekolah.
Berikut adalah laporan hasil Internasional
Seminar On Mathematics Teaching and Learning (ISMATEL) :
Terima kasih mbak. Barokallah,, sangat bermanfaat
BalasHapus