“Peningkatan Keterampilan
Mengkomunikasikan dan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Si Eguapi Berbasis STEM Tema
Peristwa Alam Kelas I SD Negeri
Laweyan Kota Surakarta Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019”
Anik Twiningsih, M.Pd
anik.twin@gmail.com
SD
Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta, anik.twin@gmail.com
Penelitian tindakan yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan
keterampilan mengkomunikasikan dan hasil belajar siswa dengan penggunaan media alat peraga Si Eguapi berbasis
STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) pada tema peristiwa alam pembelajaran Tematik Kelas I. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Tahun
Pelajaran 2018/2019 sebanyak 25 siswa, terdiri dari 8 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas dengan pola : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi,
revisi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode diskusi, observasi, tes,
catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil tindakan didapatkan bahwa hasil belajar
dan kemampuan keterampilan
mengkomunikasikan siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu siklus I (79,60%)
dan siklus II (88,44%), kemampuan keterampilan mengkomunikasikan siswa yaitu
siklus 1 (81,48%) dan siklus II (89,67%). Kesimpulan dari
penelitian ini adalah melalui penggunaan
media pembelajaran alat peraga Si
Eguapi (Simulasi Erupsi Gunung Api) Berbasis STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) pada tema peristiwa alam
Kelas I dapat meningkatkan kemampuan keterampilan mengkomunikasikan dan
hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Laweyan Kota SurakartaTahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Media Si Eguapi, STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics)
0 comments:
Posting Komentar