
Anik Twiningsih. 2017.
Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Untuk Memberdayakan Berpikir Kritis Siswa
Kelas V Sd Negeri Kleco I Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis.
Pembimbing: 1) Prof.
Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.; 2) Kopembimbing: Dr. Riyadi, M.Si., Program Studi
Magister Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik produk modul pembelajaran
tematik tema Ekosistem berbasis Problem
Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD,
mendeskripsikan kelayakan prototype
modul pembelajaran tematik tema Ekosistem berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa
kelas V SD, dan mengetahui keefektifan modul pembelajaran tematik tema
Ekosistem berbasis Problem Based Learning
untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengembangan Borg
dan Gall. Adapun tahap – tahap model pengembangan Borg dan Gall, yaitu : (1)
penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan
produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil coba awal, (6) uji coba
lapangan utama, (7) revisi hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan
operasional, (9) revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh 1 ahli
materi, 1 ahli pembelajaran, 1 ahli madia dan 1 ahli evaluasi pembelajaran,
kemudian subjek uji coba lapangan operasional utama 33 peserta didik dan 1 guru
kelas V. Desain penelitian yang digunakan dalam uji keefektifan modul siswa
adalah before-after. Uji lapangan
dilakukan pada dua kelas yaitu satu kelas kontrol (tidak menggunakan buku siswa
hasil pengembangan) dan satu kelas eksperimen (menggunakan modul hasil
pengembangan). Hasil penelitian yang diharapkan karakteristik produk modul yang
dikembangkan adalah materi tematik ekosistem berbasis problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa
kelas V SD yang disusun sesuai dengan kurikulum 2013, menghasilkan prototype modul pembelajaran tematik
tema Ekosistem berbasis Problem Based
Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, modul tematik ekosistem
berbasis problem based learning
efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa.
Kata
kunci :
Modul Tematik, Problem Based Learning,
Berpikir Kritis
0 comments:
Posting Komentar