Rabu, 04 Maret 2020

TANAMKAN PENDIDIKAN SEKS SEDINI MUNGKIN



Sabtu, tanggal 29 Februari kemarin saya beserta 2 guru pendidik PAUD yang saya kelola berkesempatan mengikuti seminar parenting di ballroom Swiss Bellin Solo, kebetulan seminar parenting ini diselenggarakan oleh salah satu Yayasan Pendidikan terbesar di Solo yang salah satu lembaga pendidikannya PAUD AL KHOIR. 

Tema yang diangkat dalam seminar parenting ini sangat menarik yaitu PENTINGNYA PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK , hal ini sesuai urgensi kebutuhan pendidikan saat ini yang sangat berkembang pesat dan menuntut peran serta aktif orangtua dalam mendampingi putra putrinya tumbuh dan berkembang sehingga tumbuh menjadi insan yang berakhlak mulia, berdedikasi, taat agama dan berguna bagi nusa dan bangsa. 

Seks selama ini pandang sebagai hal yang tabu, dan diidentikkan dengan suatu hal yang merujuk ke arah hubungan intim orang dewasa, dan itu adalah pengertian yang salah kaprah. Seks menurut penjelasan dr. ISTAR YULIADI, M.Si.FIAS, seks pada dasarnya berhubungan dengan jenis kelamin, jenis kelamin perempuan atau jenis kelamin laki - laki. Jadi pendidikan seks merupakan upaya untuk memberikan bimbingan, penyadaran, atau pengajaran yang diberikan agar dapat memahami masalah seksualitas (hal yang berkaitan dengan jenis kelamin). 

Ruang lingkup pendidikan seks antara lain : 
1. Kesadaran akan jenis kelamin
2. Gender (peran setiap jenis kelamin)
3. Perilaku menjaga kesehatan organ reproduksi
4. Hubungan dengan lawan jenis

Manfaat dan Pentingnya Pendidikan Seks :
1. Mengerti dan memahami peran dari jenis gender
2. Memiliki kesadaran akan fungsi seksualnya
3. Menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat
4. Menciptakan rasa percaya diri ( menerima keadaan diri)
5. Menyadari masalah yang akan timbul akibat dari seks bebas

Kapan pendidikan seks ditanamkan ? timing pendidikan seks diberikan calon orangtua sejak dalam kandungan, dengan cara menjaga pola makan dan kesehatan janin agar berkembang tepat. Karena asupan makanan dan pola hidup ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janinnya. Maka dari itu setiap ibu hamil seyogyanya lebih memperhatikan pola makan, pola hidup saat hamil karena sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan 1000 hari pertama kehidupan anak. 1000 hari pertama kehidupan anak sejak dalam kandungan merupakan masa - masa emas (golden ege) dimana anak sangat peka terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya.

Hal - hal yang disampaikan dalam pendidikan seks untuk anak secara fisiologis :
1. Anak dikenalkan mengenal perbedaan laki - laki dan perempuan berdasarkan alat kelamin
2. Hendaknya anak - anak diajarkan keistimewaan aurat
3. Mengajarkan anak menjaga kebersihan alat kelamin
4. Khitan

Hal - hal yang disampaikan dalam pendidikan seks untuk anak secara sosial :
1. Pemisahan tempat tidur
2. Mengajarkan budaya malu dan menutup aurat
3. Memperkenalkan gender pada anak - anak











Senin, 24 Februari 2020

"MEMOAR" Buku Kumpulan Catatan Peristiwa Kenang Kenangan


        SEKAPUR SIRIH

Buku ini merupakan kumpulan cuplikan cuplikan cerita pendek yang merupakan ilustrasi catatan penting yang telah dialami oleh penulis. Cuplikan setiap cerita pendek yang dituturkan dalam setiap tahapan cerita dalam buku ini adalah kisah nyata yang ada pada penulis. Kisah kisah yang tergambar pada setiap cerpen buku ini memiliki pesan moral bagi pembaca. Setiap pesan moral yang tersirat pada tahapan cerita memberikan pesan khusus sehingga menuntut setiap pembaca lebih cermat memahami. Ada pembelajaran baru disetiap cerita.
Sasaran buku ini bukan anak – anak namun lebih menekankan kepada literasi keluarga. Lebih cocok sebagai buku bacaan literasi keluarga karena bercerita tentang dinamika hidup dalam keluarga dan masyarakat.

DAFTAR ISI CERPEN

  1. Anakku “Aina”
  2. Khairunnas Anfa Uhumlinnas
  3. Salah Kamar
  4. Kado Istimewa
  5. Sedekah Cinta
  6. Tidak Sekadar
  7. Melintas Di Langit Jogja
  8. Memoar Di Sudut Malam
  9. Elegi 
  10. Kekuatan Sebuah Tulisan

JUDUL BUKU  : MEMOAR "Kumpulan Cerpen Catatan Peristiwa Kenang - Kenangan

Penulis : ANIK TWININGSIH

PENERBIT : CV. Arindri Hijrah

ISBN : 978-623-92791-9-6

PEMESANAN :  

https://wa.me/+6281327160922


(email : anik.twin@gmail.com)






Minggu, 23 Februari 2020

MASIH BINGUNG TENTANG PENELITIAN PENGEMBANGAN ATAU R & D ? ...SIMAK ARTIKEL LOLOS LPDP INI

Penelitian pengembangan saat ini lebih memiliki nilai jual tinggi dibanding penelitian tindakan kelas. Hal ini mengingat metodologi penelitian pengembangan lebih rumit dibanding dengan penelitian tindakan kelas, karena selain memaparkan diskripsi tindakan yang dilakukan juga menguji produk hasil penelitian. Selain itu juga menggunakan 2 kelas subject penelitian yaitu kelas control dan kelas eksperimen 

Disini saya mau berbagi, karya ilmiah saya yang gaya penelitian pengembangan ( Research And Development ) yang mengantarkan saya pada salah satu penerima hibah penelitian yang didanai oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan )

Penelitian saya ini alhamdulilah juga telah lolos publish jurnal ilmiah bereputasi SINTA 2 DIKTI yaitu Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI) Universitas Muhammadiyah Malang serta lolos publish prosiding dalam seminar internasional ICSMC Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018

Berikut saya ingin berbagi dengan hasil penelitian saya yang membanggakan ini :

1. Share Link Jurnal JPBI 

2. Share Link Prosiding ICSMC UNY

3. Share karya ilmiah full paper

Semoga bermanfaat ...aamiin

MEDIA TAKTIK BUTARNA ANTARKAN MENJADI FINALIS INOBEL 2019



Assalamualaiukum ...Bapak Ibu Guru Penggerak ...kali ini saya ingin berbagi dengan karya Inovasi Pembelajaran saya, yang telah lolos mencapai Final Pada Perlombaan Inovasi pembelajaran Kesharlindung Kemdikbud 2019. Alhamdulilah jurnal artikel insyaallah segera terbit ...mohon doanya yaa ...

Berikut abstrak dari Best Practice Inobel saya :



PENGEMBANGAN MEDIA TAKTIK BUTARNA BERBASIS STEAM
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah  mengembangkan media belajar berbasis STEAM  (Science Technology Engenering Arts Matematic) khususnya pada pengembangan media belajar pada pembelajaran tematik kelas 1. Hasil pengembangan inovasi media belajar yang dicapai adalah sebuah karya inovasi media belajar Tak Tik Butarna berbasis (Science Technology Engenering Arts Matematic)  untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains pada peserta didik kelas I. Pendekatan yang digunakan merujuk pada pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic) yaitu melalui sintaks menganalisis, mensintesis, membuat kesimpulan serta mengatur strategi dan taktik. Poin penting dalam karya inovasi ini adalah dampak yang dihasilkan dari pengembangan inovasi pembelajaran Tak Tik Butarna berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic) terhadap keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains. Metodologi penelitian ini mengacu pada penelitian  dan pengembangan (Research and Development) dengan mengambil desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian sebelum menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM diketahui  rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 74,89 dan rata – rata kelas literasi sains 73,60 dan sesudah menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM dapat diketahui bahwa rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 86,67 dan rata – rata kelas literasi sains 88,44. Hasil penelitian inovasi ini membuktikan bahwa melalui media tak tik butarna berbasis STEAM keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat sehingga berdampak pada literasi sains. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam menciptakan inovasi media belajar baru bagi peserta didik sangat penting guna untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar peserta didik.


Kata kunci : Media Tak Tik Butarna Berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic), Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Sains

UNDUH DI SINI ⇓




Semoga bermanfaat ...aamiin

Sabtu, 22 Februari 2020

MEDIA KO AJIB BERBASIS STEM Pada Pembelajaran Tematik Kelas I


Bismilahirohmanirohim ....

Berawal dari banyaknya permintaan dari teman - teman untuk menghendaki berbagi tentang karya ilmiah saya, yang mengantarkan saya hingga Juara 1 pada pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Kota Surakarta 2019, tanpa maksud ada rasa sombong atau takabur, saya ingin berbagi dengan teman - teman.

Berikut abstrak dari karya ilmiah PTK saya :

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Penggunaan Media Ko Ajib (Kotak Ajaib) Berbasis STEM Pada Konsep Penjumlahan Kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019


ABSTRAK
Anik Twiningsih, S.Pd.SD
SD Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta, anik.twin@gmail.com

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penggunaan media pembelajaran alat peraga Ko Ajib (Kotak Ajaib) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada konsep penjumlahan Kelas I. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 24 siswa, terdiri dari 7 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pola : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, revisi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode diskusi, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (70,83%), siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media pembelajaran alat peraga Ko Ajib (Kotak Ajaib) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada konsep penjumlahan Kelas I dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Media Ko Ajib, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)

UNDUH DI SINI⇓






Semoga bermanfaat ...aamiin ...

Sabtu, 15 Februari 2020

DIKLAT KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI TENAGA PROFESIONAL DAN CALON TENAGA PROFESIONAL KOTA SURAKARTA 2020




Diklat Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Tenaga Profesional  Dan Calon Tenaga Profesional Kota Surakarta tahun 2020 merupakan Diklat yang diselenggarakan oleh Badan Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan kemahiran berbahasa bagi guru ataupun non guru di lingkungan pemerintahan kota Surakarta.

Diklat ini diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Kota Surakarta mulai tanggal 11 - 14 Pebruari 2020 di ikuti kurang lebih 100 peserta dari tenaga guru dan non guru.

Mata Diklat yang diberikan antara lain :
1. Kebijakan dan Kesastraan 
2. Ejaan Bahasa Indonesia
3. Bentuk Dan Pilihan Kata
4. Kalimat Efektif
5. Paragraf
6. Bahasa Indonesia Dalam Surat Dinas
7. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia
8. Apresiasi Sastra

Berikut bahan tayang/ salindia (slide) dari masing masing mata diklat :