Assalamualaiukum ...Bapak Ibu Guru Penggerak ...kali ini saya ingin berbagi dengan karya Inovasi Pembelajaran saya, yang telah lolos mencapai Final Pada Perlombaan Inovasi pembelajaran Kesharlindung Kemdikbud 2019. Alhamdulilah jurnal artikel insyaallah segera terbit ...mohon doanya yaa ...
Berikut abstrak dari Best Practice Inobel saya :
PENGEMBANGAN
MEDIA TAKTIK BUTARNA BERBASIS STEAM
PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1
UNTUK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah adalah mengembangkan media belajar berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic)
khususnya pada pengembangan media belajar pada
pembelajaran tematik kelas 1. Hasil pengembangan
inovasi media belajar yang
dicapai adalah sebuah karya inovasi media belajar Tak
Tik Butarna berbasis (Science Technology
Engenering Arts Matematic) untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains pada peserta didik kelas I. Pendekatan yang
digunakan merujuk pada pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science Technology
Engenering Arts Matematic) yaitu melalui sintaks menganalisis, mensintesis,
membuat kesimpulan serta mengatur strategi dan taktik. Poin penting dalam karya inovasi ini
adalah dampak yang dihasilkan dari pengembangan inovasi pembelajaran Tak Tik
Butarna berbasis STEAM (Science Technology
Engenering Arts Matematic) terhadap keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains. Metodologi penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengambil desain pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian sebelum menggunakan media tak
tik butarna berbasis STEAM diketahui
rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 74,89 dan
rata – rata kelas literasi sains 73,60 dan sesudah menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM dapat diketahui
bahwa rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 86,67 dan
rata – rata kelas literasi sains 88,44. Hasil penelitian inovasi ini membuktikan bahwa melalui media tak tik butarna berbasis STEAM keterampilan
berpikir kritis peserta didik meningkat sehingga berdampak pada literasi sains. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
keterampilan guru dalam menciptakan inovasi media belajar baru bagi peserta
didik sangat penting guna untuk
meningkatkan keaktifan peserta didik dan pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar
peserta didik.
Kata kunci : Media Tak Tik Butarna Berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic), Keterampilan
Berpikir Kritis, Literasi Sains
UNDUH DI SINI ⇓
Semoga bermanfaat ...aamiin
0 comments:
Posting Komentar