Kamis, 24 Oktober 2024

DESAIN INSTRUKSIONAL PENELITIAN PENGEMBANGAN ADDIE BRANCH

 




Menurut Branch (2009), model ADDIE adalah salah satu model pengembangan yang sistematis dan komprehensif untuk merancang dan mengembangkan program pembelajaran. ADDIE merupakan akronim dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berikut adalah penjelasan lebih rinci dari masing-masing tahap menurut Branch:




Kamis, 03 Oktober 2024

14 jurnal pengabdian masyarakat yang terindeks Sinta 3 berdasarkan Indeks Sinta per Februari 2024

 



Berikut daftar 14 jurnal pengabdian masyarakat yang terindeks Sinta 3 berdasarkan Indeks Sinta per Februari 2024.

  1. JURNAL INOVASI HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT (JIPEMAS) –> LPPM Universitas Islam Malang –> SINTA 3
  2. WIKRAMA PARAHITA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT –> Universitas Serang Raya –> SINTA 3
  3. TRANSFORMASI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT –> LPPM UIN Mataram –> SINTA 3
  4. ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MERDEKA MALANG –> SINTA 3
  5. POLTEKITA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT –> Poltekkes Kemenkes Palu –> SINTA 3
  6. CARADDE: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Ilin Institut –> SINTA 3
  7. KUMAWULA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Universitas Padjadjaran –> SINTA 3
  8. DINAMISIA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Universitas Lancang Kuning –> SINTA 3
  9. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Universitas Negeri Medan –> SINTA 3
  10. ABDIHAZ: JURNAL ILMIAH PENGABDIAN PADA MASYARAKAT –> Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH –> SINTA 3
  11. ENGAGEMENT : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> ADPEMAS –> SINTA 3
  12. SPEKTA (JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : TEKNOLOGI DAN APLIKASI) –> Universitas Ahmad Dahlan –> SINTA 3
  13. AGROKREATIF: JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> IPB University –> SINTA 3
  14. JURNAL PEMBERDAYAAN : PUBLIKASI HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> UAD –> SINTA 3

Sabtu, 21 September 2024

Kue Awuk Awuk Tepung Ketan

 


Kue Awuk Awuk Tepung Ketan

Bahan :
250 gram tepung ketan 
100 gram gula Jawa di sisir
1 sdt garam halus
100 gram kelapa parut
Daun pandan secukupnya nya

Cara memasak :
Campur jadi satu tepung ketan, gula jawa, garam, kelapa parut, campur hingga merata

Ruang adonan pada loyang, sebelum dituangkan  olesi loyang dengan margarin biar tidak lengket

Tuangkan adonan pada loyang hingga habis dan merata

Kukus adonan selama 45 menit hingga matang

Setelah matang angkat dinginkan dan potong potong, kue siap disajikan

Selamat mencoba

Senin, 16 September 2024

Kue Lapis Singkong

Kue Lapis Singkong

Bahan : 
250 gram singkong parut
1 bungkus agar agar warna putih
1 bungkus santan kara @ 75 ml
5 sendok makan gula pasir
1 sdt pasta pandan

Cara Memasak : 
Campur semua bahan ( singkong parut, agar agar, santan, gula, garam, pasta pandan) aduk hingga rata. 

Masukkan adonan d dalam loyang, olesi loyang dengan minyak sayur sebelum adonan dimasukkan

Setelah adonan dimasukkan ke dalam loyang kemudian kukus selama 45 menit setelah dinginkan dan setelah dingin potong potong kemudian sajikan 

Salamat Mencoba


Senin, 02 September 2024

Senin, 26 Agustus 2024

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Anik Twiningsih. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Untuk Memberdayakan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Negeri Kleco I Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis. Pembimbing: 1) Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.; 2) Kopembimbing: Dr. Riyadi, M.Si., Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik produk modul pembelajaran tematik tema Ekosistem berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD, mendeskripsikan kelayakan prototype modul pembelajaran tematik tema Ekosistem berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD, dan mengetahui keefektifan modul pembelajaran tematik tema Ekosistem berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Adapun tahap – tahap model pengembangan Borg dan Gall, yaitu : (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil coba awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli pembelajaran, 1 ahli madia dan 1 ahli evaluasi pembelajaran, kemudian subjek uji coba lapangan operasional utama 33 peserta didik dan 1 guru kelas V. Desain penelitian yang digunakan dalam uji keefektifan modul siswa adalah before-after. Uji lapangan dilakukan pada dua kelas yaitu satu kelas kontrol (tidak menggunakan buku siswa hasil pengembangan) dan satu kelas eksperimen (menggunakan modul hasil pengembangan). Hasil penelitian yang diharapkan karakteristik produk modul yang dikembangkan adalah materi tematik ekosistem berbasis problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD yang disusun sesuai dengan kurikulum 2013, menghasilkan prototype modul pembelajaran tematik tema Ekosistem berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, modul tematik ekosistem berbasis problem based learning efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa.

 

Kata kunci : Modul Tematik, Problem Based Learning, Berpikir Kritis


LINK PUBLIKASI SINTA 2

LINK PUBLIKASI PROSIDING

LINK FULL TESIS S2 PGSD