Kamis, 24 Oktober 2024
Kamis, 03 Oktober 2024
14 jurnal pengabdian masyarakat yang terindeks Sinta 3 berdasarkan Indeks Sinta per Februari 2024
Berikut daftar 14 jurnal pengabdian masyarakat yang terindeks Sinta 3 berdasarkan Indeks Sinta per Februari 2024.
- JURNAL INOVASI HASIL PENGABDIAN MASYARAKAT (JIPEMAS) –> LPPM Universitas Islam Malang –> SINTA 3
- WIKRAMA PARAHITA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT –> Universitas Serang Raya –> SINTA 3
- TRANSFORMASI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT –> LPPM UIN Mataram –> SINTA 3
- ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MERDEKA MALANG –> SINTA 3
- POLTEKITA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT –> Poltekkes Kemenkes Palu –> SINTA 3
- CARADDE: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Ilin Institut –> SINTA 3
- KUMAWULA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Universitas Padjadjaran –> SINTA 3
- DINAMISIA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Universitas Lancang Kuning –> SINTA 3
- JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> Universitas Negeri Medan –> SINTA 3
- ABDIHAZ: JURNAL ILMIAH PENGABDIAN PADA MASYARAKAT –> Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH –> SINTA 3
- ENGAGEMENT : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> ADPEMAS –> SINTA 3
- SPEKTA (JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : TEKNOLOGI DAN APLIKASI) –> Universitas Ahmad Dahlan –> SINTA 3
- AGROKREATIF: JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> IPB University –> SINTA 3
- JURNAL PEMBERDAYAAN : PUBLIKASI HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT –> UAD –> SINTA 3
Sabtu, 21 September 2024
Kue Awuk Awuk Tepung Ketan
Senin, 16 September 2024
Kue Lapis Singkong

Senin, 02 September 2024
Senin, 26 Agustus 2024
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Anik Twiningsih. 2017.
Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Untuk Memberdayakan Berpikir Kritis Siswa
Kelas V Sd Negeri Kleco I Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis.
Pembimbing: 1) Prof.
Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.; 2) Kopembimbing: Dr. Riyadi, M.Si., Program Studi
Magister Pendidikan Guru Sekolah dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik produk modul pembelajaran
tematik tema Ekosistem berbasis Problem
Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD,
mendeskripsikan kelayakan prototype
modul pembelajaran tematik tema Ekosistem berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa
kelas V SD, dan mengetahui keefektifan modul pembelajaran tematik tema
Ekosistem berbasis Problem Based Learning
untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengembangan Borg
dan Gall. Adapun tahap – tahap model pengembangan Borg dan Gall, yaitu : (1)
penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan
produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil coba awal, (6) uji coba
lapangan utama, (7) revisi hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan
operasional, (9) revisi produk akhir. Validasi produk dilakukan oleh 1 ahli
materi, 1 ahli pembelajaran, 1 ahli madia dan 1 ahli evaluasi pembelajaran,
kemudian subjek uji coba lapangan operasional utama 33 peserta didik dan 1 guru
kelas V. Desain penelitian yang digunakan dalam uji keefektifan modul siswa
adalah before-after. Uji lapangan
dilakukan pada dua kelas yaitu satu kelas kontrol (tidak menggunakan buku siswa
hasil pengembangan) dan satu kelas eksperimen (menggunakan modul hasil
pengembangan). Hasil penelitian yang diharapkan karakteristik produk modul yang
dikembangkan adalah materi tematik ekosistem berbasis problem based learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa
kelas V SD yang disusun sesuai dengan kurikulum 2013, menghasilkan prototype modul pembelajaran tematik
tema Ekosistem berbasis Problem Based
Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, modul tematik ekosistem
berbasis problem based learning
efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa.
Kata
kunci :
Modul Tematik, Problem Based Learning,
Berpikir Kritis