Kurikulum
sebagai unsur utama dalam proses pembelajaran di sekolah sangat berperan
penting. Kurikulum sebagai acuan transfer ilmu kepada peserta didik harus
menyajikan dan memiliki kajian yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan
peserta didik. Menurut Wina Sanjaya (2008:9) Kurikulum dapat diartikan sebagai
sebuah dokumen perencanaan yang berisi tentang tujuan yang harus dicapai, isi
materi dan pengalaman belajar yang harus dilakukan siswa, strategi dan cara
yang dapat dikembangkan, evaluasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi
tentang pencapaian tujuan, serta implementasi dari dokumen yang dirancang dalam
bentuk nyata.

Kurikulum
merupakan software input dimana
kurikulum merupakan sebuah sistem yang menjadi pedoman peserta didik untuk
mencapai standar kelulusan. Kurikulum
merupakan sebuah sistem dimana di dalamnya terdapat beberapa komponen yang
saling terkait dalam rangka mencapai tujuan pendidikan mengemukakan bahwa
komponen kurikulum terdiri dari : komponen tujuan, komponen isi dan organisasi
bahan pengajaran, komponen pola dan strategi belajar-mengajar, serta komponen
evaluasi (Jon Wiles & Joseph Bondi, 2002:34). Dalam
pembelajaran berpikir proses pendidikan di sekolah tidak hanya menekankan kepada
akumulasi pengetahuan materi pelajaran, akan tetapi yang diutamakan adalah
kemampuan siswa untuk memperoleh pengetahuan sendiri (self regulated) (Wina Sanjaya, 2008:219).
Kurikulum 2013 adalah kurikulum
berbasis kompetensi. Kompetensi itu dirancang untuk dicapai
melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) melalui kegiatan-kegiatan berbentuk tugas (project based learning), dan
penyelesaian masalah (problem solving
based learning) yang mencakup proses mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Kemdikbud). Kurikulum 2013 bersifat dinamis, dengan kata lain berkembang mengikuti perubahan dan kemajuan paradigma pendidikan masa kini. Oleh sebab itu para pendidik seyogyanya selalu up date mengimbangi perkembangan dan kemajuan paradigma pendidikan dengan kemampuan iptek yang mumpuni.
0 comments:
Posting Komentar