Selasa, 10 Oktober 2017

Profil Pos PAUD Einstein



A.  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pemerintah terus mendorong kesadaran akan pentingnya pendidikan anak  usia  dini  (PAUD)  menuju  PAUD  sebagai  sebuah  gerakan nasional Undang-undang  Sistem  Pendidikan  Nasional mengamanatkan  bahwa  PAUD  dapat  dilaksanakan  melalui  semua jalur  pendidikan,  baik  formal,  nonformal,  maupun  informal. Pendidikan  Anak  Usia  Dini  (PAUD)  dari  tahun  ke  tahun  terus mengalami perkembangan yang pesat setidaknya jika dilihat dari adanya peningkatan  jumlah  satuan  pendidikan  anak  usia  dini  yang  cukup signifikan  yang  diprakarsai  oleh  masyarakat  secara  mandiri  di  seluruh pelosok tanah air. Perkembangan ini tentu sangat positif jika dilihat dari sisi  perluasan  akses  layanan  pendidikan.
Usia Emas alasan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak (Golden Age) mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak.
Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan ketrampilan anak. Selain itu, pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan, daya cipta, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spiritual.
Anak usia dini juga memerlukan pendidikan non formal untuk meningkatkan kreatifitas serta bakat yang mereka miliki. Pada intinya pendidikan usia dini yang diberikan kepada anak-anak sangat penting. Tidak semata-mata hanya untuk formalitas dalam kehidupan kelak, tapi mengacu pada kemampuan dan kualitas anak dalam menghadapi masa depan dengan perkembangan pesat dalam hal kurikulum pendidikan dan teknologi. Peran orang tua juga sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam pembentukan karakter. Karakter akan terbentuk sebagai hasil pemahaman 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (triangle relationship), yaitu hubungan dengan diri sendiri (intrapersonal), dengan lingkungan (hubungan sosial dan alam sekitar), dan hubungan dengan Tuhan YME (spiritual).
Berangkat dari latar belakang diatas POS PAUD EISTEIN sebagai lembaga pendidikan non formal berusaha menjembatani akan kebutuhan layanan pendidikan anak usia dini sebagai wujud partisipasi dari gerakan pemerintah menuju PAUD sebagai gerakan nasional. Gerakan pemerintah menuju PAUD sebagai gerakan nasional didasari oleh diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 84 Tahun 2014 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

B.  Penyelenggaraan POS PAUD EINSTEIN
PAUD EINSTEIN sebagai lembaga pendidikan anak usia dini berbasis masyarakat dikelola dengan prinsip “dari, oleh, dan untuk masyarakat” berdasarkan  azas  gotong-royong,  kerelaan,  dan  kebersamaan. Dengan  prinsip  pengelolaan  dari,  oleh,  dan  untuk  masyarakat serta  memanfaatkan  potensi  lingkungan POS PAUD EINSTEIN memberdayakan subsidi silang. Subsidi silang disini berarti memberdayakan masyarakat/swasta/pemerintah sebagai mitra dalam pengelolaan dan pengembangan.
Dalam penyelenggaraannya POS PAUD EINSTEIN bekerja sama dengan paguyupan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu Kelurahan Banaran serta bersama pemangku kepentingan di bawah binaan Dinas Pendidikan.
Kegiatan lembaga POS PAUD EINSTEIN dalam berperan serta mendukung gerakan nasional pemerintah pendidikan anak usia dini disambut dengan antusiasme dan partisipasi oleh masyarakat, khususnya warga Desa Banaran, kecamatan Grogol, kabupaten Sukoharjo.

Sebagai lembaga pendidikan anak usia dini, POS PAUD EINSTEIN memiliki visi misi :
Visi
ü  Terwujudnya anak – anak yang cerdas, sehat, ceria dan berakhlak mulia serta bertaqwa
Misi
ü  Memberikan pengasuhan, layanan, pendidikan bagi anak usia dini
ü  Membentuk karakter  dan berkepribadian serta mandiri
ü  Memahami diri sendiri, orang lain dan lingkungannya
ü  Meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap pelayanan PAUD
Tujuan :
ü  Membentuk anak – anak yang cerdas , berkualitas, dan berkembang sesuai dengan usianya
                                                 
C.      Program Kegiatan POS PAUD EINSTEIN
Bentuk Sosialiasi
Kegiatan POS PAUD EINSTEIN kini tengah aktif berjalan. Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat POS PAUD ENSTEIN mengadakan kegiatan “SABTU CERIA DI PAUD EINSTEIN”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan POS PAUD EINSTEIN sebagai kegiatan pendidikan anak usia dini dalam bentuk kegiatan bermain bersama orangtua. Kegiatan bermain bersama ini anak – anak berpartisipasi datang bersama ayah bunda mereka dan mengikuti kegiatan bermain bersama Pos PAUD EINSTEIN. Kegiatan ini dikemas dalam 8 kali pertemuan dengan model pembelajaran berseri sehingga memberikan kesan menarik dan semangat belajar terhadap anak.

RANGKAIAN KEGIATAN
SABTU CERIA DI PAUD EINSTEIN

a.    Hari 1 (5 November 2016)
Sosialisasi program POS PAUD EINSTEIN
b.    Hari 2 (12 November 2016)
Bermain bersama permainan tradisional dengan kakak dari Komunitas Anak Bawang
c.    Hari 3 (19 November 2016)
Permainan edukatif (anak) dan talkshow gratis mengenai pola pendidikan sesuai perkembangan (orang tua)
d.    Hari 4 (26 November 2016)
Kegiatan menggambar (anak) dan kelas memasak (orang tua)
e.    Hari 5 (3 Desember 2016)
Belajar Tari tradisional (Anak)
f.     Hari 6 (10 Desember 2016)
Belajar Tahfiz Al Quran (Anak) danT alkshow “Anak suka nonton TV?”
g.    Hari 7 (17 Desember 2016)
Belajar Mendongeng (Anak)
h.    Hari 8 (24 Desember 2016)
Permainan Tradisional dan Kesan Pesan

Program Kegiatan Pembelajaran
Program Kegiatan pembelajaran POS PAUD EINSTEIN berpedoman pada standar kurikulum nasional yaitu kurikulum 2013 serta mengacu pada standar pendidikan nasional pendidikan anak usia dini. Program Kegiatan Belajar Pos PAUD EINSTEIN dilaksanakan :
Grup A : Setiap hari Senin – Rabu – Jumat
Grup B : Setiap hari Selasa – Kamis – Sabtu


D.  Sasaran Peserta Didik
Sasaran peserta didik kegiatan Pos PAUD EINSTEIN adalah anak usia dini mulai umur 2 tahun – umur 4 tahun yang belum terlayani layanan akan pendidikan anak usia dini karena belum terjangkau  oleh  masyarakat, baik  dari  sisi jarak maupun biayanya. Khususnya anak – anak usia dini di Desa Banaran, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

E.  Kondisi POS PAUD EINSTEIN
Kegiatan POS PAUD EINSTEIN diselenggarakan di Sanggar Belajar Einstein di jalan Tangkuban Perahu RT 01/ RW 07, Ngenden, Kelurahan Banaran, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo dengan status pemakaian yaitu sewa/ kontrak. Jumlah peserta didik POS PAUD EINSTEIN saat ini 21 anak dengan jumlah pendidik 2 orang dengan latar belakang pendidikan S1.

F.   Partispasi Masyarakat
Partisipasi masyarakat terhadap  penyelenggaraan POS PAUD EINSTEIN cukup menggembirakan. Hal ini dapat ditandai dengan keikutsertaan mereka berpartisipasi dengan cara menyekolahkan anak usia dini mereka ke POS PAUD EINSTEIN. Selain itu juga sudah terbentuknya paguyupan orang tua siswa sebagai wadah untuk menjembatani dan mempermudah komunikasi antara peserta didik dan guru pengajar serta lembaga.

G.   Struktur Organisasi
Untuk memudahkan dalam pengelolaan penyelenggaraan POS PAUD EINSTEIN maka disusun kepengurusan yang mempunyai peran dan fungsi masing-masing.Struktur Organisasi POS PAUD EINSTEIN sebagai berikut :
1.    KETUA                      : ANIK TWININGSIH, S.Pd.SD
2.    SEKRETARIS           : SRI SULASTRI
3.    BENDAHARA         :  RUSMIYATI
4.    PEMBANTU UMUM : SRI RUBIYANTI, S.Pd

0 comments:

Posting Komentar