Ecoliteracy
merupakan singkatan dari ecological
literacy, dikenal juga dengan istilah melek
ekologi, melek lingkungan, literasi ekologis dan literasi
lingkungan (environmental literacy).
Ecoliteracy menggambarkan kesadaran tentang pentingnya lingkungan hidup. Pengetahuan dan kesadaran tentang keberadaan dan ruang lingkup masalah
lingkungan adalah
penting karena dapat membangkitkan kepedulian
dan perhatian terhadap lingkungan. Penekanannya
harus pada (i) pengetahuan tentang
penyebab, (ii) pengetahuan tentang efek,
dan (iii) pengetahuan tentang strategi untuk berubah, ketika menghadapi masalah lingkungan.
Membangun jiwa peduli lingkungan akan lebih efektif
melalui pendidikan lingkungan di sekolah. Sebagai
tempat belajar, sekolah
memiliki peran khusus untuk bermain;
sekolah dapat membantu
siswa untuk memahami dampak perilaku manusia
di bumi ini, dan menjadi tempat di mana hidup yang
berkelanjutan. Akan tetapi berbagai masalah lingkungan
yang semakin tak terkendali menunjukkan bahwa Pendidikan Lingkungan
Hidup belum berhasil membentuk karakter manusia yang peduli
terhadap lingkungan. Salah satu upaya untuk mengatasi kelemahan dalam Pendidikan Lingkungan
Hidup ini, sekolah harus
memberikan praktek
pembelajaran yang
efektif untuk mengembangkan perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan dan lingkungan belajar yang
diperlukan harus memberikan
siswa kesempatan untuk belajar di luar
kelas, mengamati alam, berlatih dan menguji isu-isu belajar tentang
lingkungan. Melalui program
sekolah Adiwiyata diharapkankan dapat membangun literasi lingkungan pada siswa guna mewujudkan masyarakat
berkarakter peduli lingkungan.
Melalui
program Adiwiyata diharapkan setiap warga sekolah ikut
terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan
yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Program
Adiwiyata dikembangkan berdasarkan norma-norma dalam perikehidupan yang antara lain meliputi:
kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran,
keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup
dan sumber daya alam.Sangat banyak manfaat yang diperoleh sekolah maupun
warga sekolah dengan
mengikuti program Adiwiyata.
Tujuan
program Adiwiyata adalah mendorong
dan membentuk sekolah Peduli dan
Berbudaya Lingkungan yang mampu berpartisipasi
dan melaksanakan upaya pelestarian
lingkungan dan pembangunan berkelanjutan
bagi kepentingan generasi
sekarang maupun yang akan datang. Melalui program Adiwiyata diharapkan
setiap warga sekolah
ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju
lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang
negatif. Warga sekolah selanjutnya
harus dapat menjadi model/contoh bagi
masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang berkarakter peduli lingkungan. Guna mencapai tujuan program
Adiwiyata, diperlukan partisipasi
semua pihak, mulai dari pemerintah dari
tingkat pusat hingga daerah, seluruh warga sekolah, serta masyarakat,
baik orang tua siswa maupun
tokoh masyarakat.
0 comments:
Posting Komentar