Pembelajaran di kelas rendah identik dengan pembelajaran
yang bersifat holistik, maka dari itu pembelajaran harus disajikan menarik
motivasi peserta didik dalam belajar. Pembelajaran yang menarik harus disajikan
menantang, terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta
keterampilan mengaplikasikan teknologi dalam memecahkan masalah dalam kehidupan
nyata. Pembelajaran berbasis STEM (Sains,
Tecnology, Engineering, Mathematic) memberikan pengalaman belajar bernilai lebih karena membangun
pola pikir peserta didik lebih kritis dan kreatif serta terampil mengaplikasikan
penerapan teknologi sebagai alat dalam memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.
Pengggunaan media pembelajaran matematika dengan
memberdayakan media pembelajaran Ko Ajib
(Kotak Ajaib)
berbasis STEM (Sains, Tecnology, Engineering, Mathematic) pada pembelajaran konsep penjumlahan kelas I selain bertujuan meningkatkan hasil
belajar peserta didik, di lain sisi juga untuk meningkatkan budaya literasi numerasi pada
peserta didik. Penggunaan media pembelajaran matematika dengan
memberdayakan media Ko Ajib (Kotak Ajaib) berbasis STEM (Sains, Tecnology, Engineering,
Mathematic) merupakan hasil kreativitas guru ini,
diharapkan lebih mendorong motivasi belajar peserta didik karena disajikan
dalam bentuk alat peraga matematika sederhana yang didalamnya
menyajikan substansi materi berhitung berbasis STEM (Sains, Tecnology, Engineering,
Mathematic) yang disesuaikan dengan kompetensi dasar yang menjadi
tujuan pembelajaran disetiap tema.
Gambar 1
Inovasi Media Pelajaran Ko Ajib (Kotak Ajaib)
Nama Media
Pembelajaran : Ko Ajib (Kotak Ajaib)
Jenis Media Pembelajaran :
Alat Peraga Matematika Pada Konsep Berhitung
Bahan Yang Diperlukan :
-
Stero Foam
-
Kertas Lipat Warna
-
Lem Kertas
-
Jarum Pentul
-
Gunting
-
Kardus Bekas
-
Label Nomor
-
Doubletip
-
Biji – bijian (kacang tanah, kacang ijo, kacang
kedelai, dan jagung)
Cara Membuat :
- Potong Sterofoam untuk membuat kotak 1 dengan ukuran jaring – jaring balok dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi : 60 cm x 12 cm x 7 cmLubangi salah satu bidang balok / kotak menjadi 10 lubang dengan diameter lubang 5 cmBeri tanda label pada bagian atas lubang sesuai dengan urutan bilangan asli
- Gabungkan jaring – jaring balok atau kotak tersebut dengan doubletip dan jarum pentul agar lebih kuat
- Buatlah kotak 2 dari kardus bekas dengan ukuran jarring – jarring balok dengan ukuran Panjang, lebar, dan tinggi : 55 cm x 10 cm x 5 cm
- Sekatlah balok 2 menjadi 10 kotak sekat dan biarkan terbuka bagian atasnya
- Untuk memperindah tampilan, lapisi balok 2 dengan kertas lipat
Gambar 2
Alat dan Bahan Media Ko Ajib (Kotak Ajaib)
Kelebihan Media Ko Ajib (Kotak Ajaib)
Media pembelajaran ini berupa media pembelajaran Ko Ajib (Kotak
Ajaib) berbasis
STEM pada konsep penjumlahan kelas I yang
merupakan hasil rancangan guru kelas. Ko
Ajib (Kotak Ajaib) sebagai media alat peraga untuk memenuhi kebutuhan
pengembangan dalam kegiatan pembelajaran konsep berhitung pada kelas I agar
peserta didik lebih mudah memahami konsep dasar penjumlahan, pengurangan dan
perkalian sebagai proses penjumlahan berulang.
Ko Ajib (Kotak Ajaib) dikembangkan dengan berbasis STEM yaitu
pembelajaran dimana pengetahuan sains dan pengetahuan matematika diintegrasikan
sehingga peserta didik mampu memecahkan masalah pada kehidupan nyata.
Ko Ajib (Kotak Ajaib)
sebagai media pembelajaran berbasis STEM berorientasi
pada peningkatan budaya literasi numerasi yaitu pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai
macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk
memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Ko Ajib (Kotak Ajaib) berbasis STEM selain
meningkatkan keterampilan budaya literasi numerasi pada peserta didik juga
berdampak positif juga pada hasil belajar peserta didik, hal ini dapat
dibuktikan dengan hasil post tes setelah implementasi media. Dengan demikian Ko
Ajib (Kotak Ajaib) dalam kebutuhan pengembangan sangat membantu peserta didik
dalam aktivitas proses pembelajaran di kelas khususnya pada pemahaman konsep
berhitung penjumlahan, pengurangan dan perkalian sebagai penjumlahan bertahap.
0 comments:
Posting Komentar