Minggu, 23 Februari 2020

MASIH BINGUNG TENTANG PENELITIAN PENGEMBANGAN ATAU R & D ? ...SIMAK ARTIKEL LOLOS LPDP INI

Penelitian pengembangan saat ini lebih memiliki nilai jual tinggi dibanding penelitian tindakan kelas. Hal ini mengingat metodologi penelitian pengembangan lebih rumit dibanding dengan penelitian tindakan kelas, karena selain memaparkan diskripsi tindakan yang dilakukan juga menguji produk hasil penelitian. Selain itu juga menggunakan 2 kelas subject penelitian yaitu kelas control dan kelas eksperimen 

Disini saya mau berbagi, karya ilmiah saya yang gaya penelitian pengembangan ( Research And Development ) yang mengantarkan saya pada salah satu penerima hibah penelitian yang didanai oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan )

Penelitian saya ini alhamdulilah juga telah lolos publish jurnal ilmiah bereputasi SINTA 2 DIKTI yaitu Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI) Universitas Muhammadiyah Malang serta lolos publish prosiding dalam seminar internasional ICSMC Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018

Berikut saya ingin berbagi dengan hasil penelitian saya yang membanggakan ini :

1. Share Link Jurnal JPBI 

2. Share Link Prosiding ICSMC UNY

3. Share karya ilmiah full paper

Semoga bermanfaat ...aamiin

MEDIA TAKTIK BUTARNA ANTARKAN MENJADI FINALIS INOBEL 2019



Assalamualaiukum ...Bapak Ibu Guru Penggerak ...kali ini saya ingin berbagi dengan karya Inovasi Pembelajaran saya, yang telah lolos mencapai Final Pada Perlombaan Inovasi pembelajaran Kesharlindung Kemdikbud 2019. Alhamdulilah jurnal artikel insyaallah segera terbit ...mohon doanya yaa ...

Berikut abstrak dari Best Practice Inobel saya :



PENGEMBANGAN MEDIA TAKTIK BUTARNA BERBASIS STEAM
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah  mengembangkan media belajar berbasis STEAM  (Science Technology Engenering Arts Matematic) khususnya pada pengembangan media belajar pada pembelajaran tematik kelas 1. Hasil pengembangan inovasi media belajar yang dicapai adalah sebuah karya inovasi media belajar Tak Tik Butarna berbasis (Science Technology Engenering Arts Matematic)  untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains pada peserta didik kelas I. Pendekatan yang digunakan merujuk pada pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic) yaitu melalui sintaks menganalisis, mensintesis, membuat kesimpulan serta mengatur strategi dan taktik. Poin penting dalam karya inovasi ini adalah dampak yang dihasilkan dari pengembangan inovasi pembelajaran Tak Tik Butarna berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic) terhadap keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains. Metodologi penelitian ini mengacu pada penelitian  dan pengembangan (Research and Development) dengan mengambil desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian sebelum menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM diketahui  rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 74,89 dan rata – rata kelas literasi sains 73,60 dan sesudah menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM dapat diketahui bahwa rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 86,67 dan rata – rata kelas literasi sains 88,44. Hasil penelitian inovasi ini membuktikan bahwa melalui media tak tik butarna berbasis STEAM keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat sehingga berdampak pada literasi sains. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam menciptakan inovasi media belajar baru bagi peserta didik sangat penting guna untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar peserta didik.


Kata kunci : Media Tak Tik Butarna Berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic), Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Sains

UNDUH DI SINI ⇓




Semoga bermanfaat ...aamiin

Sabtu, 22 Februari 2020

MEDIA KO AJIB BERBASIS STEM Pada Pembelajaran Tematik Kelas I


Bismilahirohmanirohim ....

Berawal dari banyaknya permintaan dari teman - teman untuk menghendaki berbagi tentang karya ilmiah saya, yang mengantarkan saya hingga Juara 1 pada pemilihan Guru Berprestasi Tingkat Kota Surakarta 2019, tanpa maksud ada rasa sombong atau takabur, saya ingin berbagi dengan teman - teman.

Berikut abstrak dari karya ilmiah PTK saya :

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Penggunaan Media Ko Ajib (Kotak Ajaib) Berbasis STEM Pada Konsep Penjumlahan Kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019


ABSTRAK
Anik Twiningsih, S.Pd.SD
SD Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta, anik.twin@gmail.com

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada penggunaan media pembelajaran alat peraga Ko Ajib (Kotak Ajaib) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada konsep penjumlahan Kelas I. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 24 siswa, terdiri dari 7 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pola : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, revisi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode diskusi, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (70,83%), siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan media pembelajaran alat peraga Ko Ajib (Kotak Ajaib) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada konsep penjumlahan Kelas I dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Laweyan Kota Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Media Ko Ajib, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)

UNDUH DI SINI⇓






Semoga bermanfaat ...aamiin ...

Sabtu, 15 Februari 2020

DIKLAT KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI TENAGA PROFESIONAL DAN CALON TENAGA PROFESIONAL KOTA SURAKARTA 2020




Diklat Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Tenaga Profesional  Dan Calon Tenaga Profesional Kota Surakarta tahun 2020 merupakan Diklat yang diselenggarakan oleh Badan Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk meningkatkan kemahiran berbahasa bagi guru ataupun non guru di lingkungan pemerintahan kota Surakarta.

Diklat ini diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Kota Surakarta mulai tanggal 11 - 14 Pebruari 2020 di ikuti kurang lebih 100 peserta dari tenaga guru dan non guru.

Mata Diklat yang diberikan antara lain :
1. Kebijakan dan Kesastraan 
2. Ejaan Bahasa Indonesia
3. Bentuk Dan Pilihan Kata
4. Kalimat Efektif
5. Paragraf
6. Bahasa Indonesia Dalam Surat Dinas
7. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia
8. Apresiasi Sastra

Berikut bahan tayang/ salindia (slide) dari masing masing mata diklat :


Kamis, 13 Februari 2020

"TIDAK SEKADAR" ANTOLOGI PUISI PENDIDIKAN KARAKTER

ASA

Asa …
Bukan sekadar mimpi untuk dikejar
Bagai rembulan mengejar sinar mentari
Tidak sekadar mengejar pantulan
Harus menjadi diri sendiri

Jadilah rembulan meskipun bersinar karena pantulan mentari
Bukan berarti harus bergantung
Pancarkan semangat membangun diri
Terus bergerak menginspirasi

Asa bukan sekadar asa
Harus raih dengan segera
Diperjuangkan sampai titik darah penghabisan
Jangan pernah menyerah sebelum tercapai tujuan



SEMANGAT PAGI


Mentari berseri di pagi hari
Tersenyum menghiasi cerahnya pagi
Secerah asa yang ada di diri ini
Selalu membara mengejar mimpi

Wahai diri …
Teruslah bergerak berkarya
Mengembangkan diri mengharumkan bangsa
Ayo semangat berjuang jangan menyerah
Bak mentari yang selalui bersinar cerah

Segeralah …
Menata diri, memulai tanpa menunda
Gunakan waktumu penuh makna
Menginpirasi dengan prestasi
Tak lupa selalu rendah hati


Dua puisi tersebut adalah bagian dari isi buku antologi saya yang berjudul "TIDAK SEKADAR" merupakan buku antologi puisi tentang pendidikan karakter. Sasaran pembaca untuk buku ini adalah anak - anak. Buku ini saya persembahkan untuk anak anak peserta didik saya. Semoga bermanfaat ...aamiin ...

PEMESANAN BUKU : BU ANIK (081327160922)


Jumat, 07 Februari 2020

MEDIA LOOSE PARTS PLAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF



Istilah "Loose Parts" mulai digunakan pada tahun 1971, oleh seorang arsitek Simon Nicholson, menerbitkan makalah yang disebut "Theory of Loose Parts". Nicolson menggambarkan Loose Parts sebagai "variabel" dan memberikan contoh seperti bahan dan bentuk, serta berbagai ide. Dengan semua ini semua anak - anak suka bermain, bereksperimen, menemukan dan menciptakan dan bersenang  - senang. Ketika anak - anak bermain di ruang atau dengan objek, mereka mengalami dengan cara yang unik. Hal tersebut sesuai dengan "teori ordance". Ketika anak - anak berinteraksi dengan loose parts, mereka memasuki dunia "bagaimana jika" yang mempromosikan jenis pemikiran yang mengarah pada pemecahan masalah dan penalaran teoritis.
Loose Parts, meningkatkan kemampuan anak - anak untuk berpikir secara imajinatif, dan mereka membawa perasaan berpetualang dan kegembiraan bermain (Daly dan Beloglovsky, 2015).
Loose Parts  adalah benda apapun yang bisa digunakan sebagai media bermain anak dan menciptakan open ended play, mainan yang tidak terbatas, bisa berkembang jadi apa saja sesuai imajinasi anak. Salah satu contohnya adalah Lego Block.


SUMBER :
Casey, T., Robertson, J., Abel, J., Cairns, M., Caldwell, L., Campbell, K., … Robertson, T. (2016). Loose Parts Play, 72.

Gençer, A. A., & Avci, N. (2015). The Treasure in Nature ! Loose Part Theory

Gibson, J. L., Cornell, M., & Gill, T. (2017). A Systematic Review of Research into the Impact of Loose Parts Play on Children’s Cognitive, Social and Emotional Development. School Mental Health, 9(4), 295–309. https://doi.org/10.1007/s12310-017-9220-9

Smith-gilman, S. (2018). The Arts, Loose Parts and Conversations. Journal of the Canadian Association for Curriculum Studies, 16(1), 90–103.