Kamis, 19 Maret 2020

JAMU GODOGAN RUMAHAN, SEDERHANA MANFAAT LUAR BIASA


     

JAMU ANTI CORONA, nah itulah yang lebih tepat untuk minuman atau omben omben (bahasa jawa) yang saya buat ini. Sebenarnya minuman ini sudah familiar untuk keluarga kami. Karena sebelum dunia digoyang dengan wabah COVID-19 atau lebih kita kenal dengan virus corona, minuman ini sudah sering saya jumpai. Sederhana saja dalam pembuatannya, bahannya juga mudah didapat, namun sejak musim virus Corona ini menjamur, bahan bahan untuk membuat minuman ini menjadi lebih langka. Minuman ini bisa juga dikatakan jamu, karena dibuat dari berbagai rempah - rempah, empon - empon. Bisa dikatakan minuman segar karena dapat diminum diberbagai kesempatan, baik dalam keadaan dingin maupun panas. 

Serangkaian bahan - bahan atau empon - empon yang menyatukan rasa jamu ini membuat banyak manfaat yang terkandung didalamnya, tidak hanya sekadar sebagai obat menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat namun kandungan dari setiap empon empon  memberikan banyak kasiat.

Bahan - bahan atau resep JAMU GODOGAN RUMAHAN ini yaitu :
1. 5 ruas JAHE
2. 5 ruas KUNIR ATAU KUNYIT
3. 5 ruas KENCUR
4. 3 helai batang SERAI
5. 3 JERUK NIPIS (bisa diganti asam jawa)
6. 5 helai DAUN SALAM
7. 1 helai DAUN PANDAN
8. 3 ruas kecil KAYU MANIS
9. 5 butir KAPULAGA
10. 1 sendok teh JINTEN
11. 10 biji CENGKEH
12. 250 gram GULA JAWA
13. 1 sendok teh GARAM
14. Air 500 mili liter

Cara mengolahnya antara lain :
1. cuci bersih semua bahan (biarkan kulitnya / jangan dkupas)
2. iris tipis tipis jahe, kunyit, kencur
3. potong - potong serai dan daun pandan
4. Siapkan panci berisi air masukan irisan jahe kunyit dan kencur, potongan serai dan daun pandan, daun salam, kayu manis, kapulaga, jinten, cengkeh, gula jawa kemudian rebus hingga mendidih dan keluar aroma dari air rebusan, biarkan semua empon - empon meresap, tambahkan garam, aduk hingga merata, biarkan dalam api kecil selama 10 menit lalu angkat
5. Saring air rebusan empon - empon pisahkan dengan empon - empon
6. Air rebusan empon empon siap disajikan 
7. Sajikan JAMU GODOGAN dengan perasan jeruk nipis 

MANFAAT JAMU GODOGAN :

1.  JAHE
Anti peradangan, membantu proses detoksifikasi, anti oksidan, mengobati penyakit menular, meredakan menyeri, memperkuat sistem imun karena mengandung vitamin C dan magnesium, penangkal bakteri dan virus.

2.  KUNIR ATAU KUNYIT
Meredakan peradangan, anti oksidan, mengobati maag, mengendalikan produksi asam lambung dan empedu, melancarkan kerja otot pencernaan, mengurangi mual, mengendalikan gula darahmelawan infeksi

3.  KENCUR
Anti oksidan, membuat pernafasan menjadi lega, menghilangkan stres, meningkatkan nafsu makan

4.  SERAI
Anti oksidan, anti mikroba, mengatur tekanan darah tinggi, meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak, menyembuhkan pilek dan flu

5.  JERUK NIPIS
Mencegah infeksi, mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, meremajakan kulit, menurunkan gula darah, mencegah kanker

6.  DAUN SALAM
Menurunkan kolestrol, mencegah diabetes, melancarkan pencernaan, mencegah kanker

7.  DAUN PANDAN
Menambah nafsu makan, menetralisir racun, mengontrol kadar gula dalam darah, , mengatasi rambut rontok, mengurangi sakit kram, kaya akan minyak esensial bergizi

8.  KAYU MANIS
Mengobati pilek dan flu, sakit perut, hipertensi, bronkitis, kehilangan nafsu makan

9.  KAPULAGA
Mencegah infeksi, menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing, melancarkan pencernaan, baik untuk tulang

10. JINTEN
Membunuh sel kanker, mencegah resiko jantung, memperbaiki sistem pencernaan,meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati asma dan bronkitis, menurunkan kolestrol

11. CENGKEH
Melindungi fungsi hati, menguatkan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh,  mengatasi sakit gigi,  menghambat pertumbuhan bakteri, mengatasi batuk berdahak, anti septik dan mengurangi nyeri sendi

Nah banyak kan manfaatnya ... segera dicoba saja yaaa ... tidak hanya dimusim virus corona saja ... jadikan minuman segar menyehatkan untuk menjaga kesehatan kita ....


SELAMAT MENCOBA ....











Senin, 16 Maret 2020

STRATEGI MEMBUAT TINJAUAN ILMIAH





Minggu, 8 Maret adalah pengalaman pertama saya sebagai nara sumber untuk mengisi mata diklat " Tinjauan Ilmiah", diklat atau wokshop tersebut diselenggarakan oleh Dwija Makmur, merupakan Even Organizer layanan pendidikan yang memfasilitasi para guru untuk kegiatan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yang pada akhirnya bermuara pada kepentingan untuk naik tingkat bagi ASN.

Nah, disini saya ingin berbagi hasil dari apa yang sudah saya sampaikan kepada audience terkait mata diklat yang sudah saya sampaikan yaitu tentang tinjauan ilmiah. 

Yang perlu digarisbawahi pada materi yang sudah saya sampaikan adalah bahwa menulis adalah sebuah pembiasaan jadi perlu di asah dan jangan takut mencoba. Dan yang kedua, apapun, bagaimanapun hasil original tulisan kita itu lebih berharga dari pada terlihat bagus ternyata hasil mengutip karya orang lain tanpa menggunakan kaidah yang benar. Yang ketiga, jauhi plagiat.

Berikut bahan tayang yang telah saya sampaikan terkait dengan materi tinjauan limiah :





Bapak ibu apabila menghendaki bimbingan tentang penyusunan karya ilmiah bersama saya, bisa menghubungi di nomor wa 081327160922 (GRATIS) 






Rabu, 04 Maret 2020

TANAMKAN PENDIDIKAN SEKS SEDINI MUNGKIN



Sabtu, tanggal 29 Februari kemarin saya beserta 2 guru pendidik PAUD yang saya kelola berkesempatan mengikuti seminar parenting di ballroom Swiss Bellin Solo, kebetulan seminar parenting ini diselenggarakan oleh salah satu Yayasan Pendidikan terbesar di Solo yang salah satu lembaga pendidikannya PAUD AL KHOIR. 

Tema yang diangkat dalam seminar parenting ini sangat menarik yaitu PENTINGNYA PENDIDIKAN SEKS BAGI ANAK , hal ini sesuai urgensi kebutuhan pendidikan saat ini yang sangat berkembang pesat dan menuntut peran serta aktif orangtua dalam mendampingi putra putrinya tumbuh dan berkembang sehingga tumbuh menjadi insan yang berakhlak mulia, berdedikasi, taat agama dan berguna bagi nusa dan bangsa. 

Seks selama ini pandang sebagai hal yang tabu, dan diidentikkan dengan suatu hal yang merujuk ke arah hubungan intim orang dewasa, dan itu adalah pengertian yang salah kaprah. Seks menurut penjelasan dr. ISTAR YULIADI, M.Si.FIAS, seks pada dasarnya berhubungan dengan jenis kelamin, jenis kelamin perempuan atau jenis kelamin laki - laki. Jadi pendidikan seks merupakan upaya untuk memberikan bimbingan, penyadaran, atau pengajaran yang diberikan agar dapat memahami masalah seksualitas (hal yang berkaitan dengan jenis kelamin). 

Ruang lingkup pendidikan seks antara lain : 
1. Kesadaran akan jenis kelamin
2. Gender (peran setiap jenis kelamin)
3. Perilaku menjaga kesehatan organ reproduksi
4. Hubungan dengan lawan jenis

Manfaat dan Pentingnya Pendidikan Seks :
1. Mengerti dan memahami peran dari jenis gender
2. Memiliki kesadaran akan fungsi seksualnya
3. Menghapus rasa ingin tahu yang tidak sehat
4. Menciptakan rasa percaya diri ( menerima keadaan diri)
5. Menyadari masalah yang akan timbul akibat dari seks bebas

Kapan pendidikan seks ditanamkan ? timing pendidikan seks diberikan calon orangtua sejak dalam kandungan, dengan cara menjaga pola makan dan kesehatan janin agar berkembang tepat. Karena asupan makanan dan pola hidup ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janinnya. Maka dari itu setiap ibu hamil seyogyanya lebih memperhatikan pola makan, pola hidup saat hamil karena sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan 1000 hari pertama kehidupan anak. 1000 hari pertama kehidupan anak sejak dalam kandungan merupakan masa - masa emas (golden ege) dimana anak sangat peka terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya.

Hal - hal yang disampaikan dalam pendidikan seks untuk anak secara fisiologis :
1. Anak dikenalkan mengenal perbedaan laki - laki dan perempuan berdasarkan alat kelamin
2. Hendaknya anak - anak diajarkan keistimewaan aurat
3. Mengajarkan anak menjaga kebersihan alat kelamin
4. Khitan

Hal - hal yang disampaikan dalam pendidikan seks untuk anak secara sosial :
1. Pemisahan tempat tidur
2. Mengajarkan budaya malu dan menutup aurat
3. Memperkenalkan gender pada anak - anak











Senin, 24 Februari 2020

"MEMOAR" Buku Kumpulan Catatan Peristiwa Kenang Kenangan


        SEKAPUR SIRIH

Buku ini merupakan kumpulan cuplikan cuplikan cerita pendek yang merupakan ilustrasi catatan penting yang telah dialami oleh penulis. Cuplikan setiap cerita pendek yang dituturkan dalam setiap tahapan cerita dalam buku ini adalah kisah nyata yang ada pada penulis. Kisah kisah yang tergambar pada setiap cerpen buku ini memiliki pesan moral bagi pembaca. Setiap pesan moral yang tersirat pada tahapan cerita memberikan pesan khusus sehingga menuntut setiap pembaca lebih cermat memahami. Ada pembelajaran baru disetiap cerita.
Sasaran buku ini bukan anak – anak namun lebih menekankan kepada literasi keluarga. Lebih cocok sebagai buku bacaan literasi keluarga karena bercerita tentang dinamika hidup dalam keluarga dan masyarakat.

DAFTAR ISI CERPEN

  1. Anakku “Aina”
  2. Khairunnas Anfa Uhumlinnas
  3. Salah Kamar
  4. Kado Istimewa
  5. Sedekah Cinta
  6. Tidak Sekadar
  7. Melintas Di Langit Jogja
  8. Memoar Di Sudut Malam
  9. Elegi 
  10. Kekuatan Sebuah Tulisan

JUDUL BUKU  : MEMOAR "Kumpulan Cerpen Catatan Peristiwa Kenang - Kenangan

Penulis : ANIK TWININGSIH

PENERBIT : CV. Arindri Hijrah

ISBN : 978-623-92791-9-6

PEMESANAN :  

https://wa.me/+6281327160922


(email : anik.twin@gmail.com)






Minggu, 23 Februari 2020

MASIH BINGUNG TENTANG PENELITIAN PENGEMBANGAN ATAU R & D ? ...SIMAK ARTIKEL LOLOS LPDP INI

Penelitian pengembangan saat ini lebih memiliki nilai jual tinggi dibanding penelitian tindakan kelas. Hal ini mengingat metodologi penelitian pengembangan lebih rumit dibanding dengan penelitian tindakan kelas, karena selain memaparkan diskripsi tindakan yang dilakukan juga menguji produk hasil penelitian. Selain itu juga menggunakan 2 kelas subject penelitian yaitu kelas control dan kelas eksperimen 

Disini saya mau berbagi, karya ilmiah saya yang gaya penelitian pengembangan ( Research And Development ) yang mengantarkan saya pada salah satu penerima hibah penelitian yang didanai oleh LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan )

Penelitian saya ini alhamdulilah juga telah lolos publish jurnal ilmiah bereputasi SINTA 2 DIKTI yaitu Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (JPBI) Universitas Muhammadiyah Malang serta lolos publish prosiding dalam seminar internasional ICSMC Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018

Berikut saya ingin berbagi dengan hasil penelitian saya yang membanggakan ini :

1. Share Link Jurnal JPBI 

2. Share Link Prosiding ICSMC UNY

3. Share karya ilmiah full paper

Semoga bermanfaat ...aamiin

MEDIA TAKTIK BUTARNA ANTARKAN MENJADI FINALIS INOBEL 2019



Assalamualaiukum ...Bapak Ibu Guru Penggerak ...kali ini saya ingin berbagi dengan karya Inovasi Pembelajaran saya, yang telah lolos mencapai Final Pada Perlombaan Inovasi pembelajaran Kesharlindung Kemdikbud 2019. Alhamdulilah jurnal artikel insyaallah segera terbit ...mohon doanya yaa ...

Berikut abstrak dari Best Practice Inobel saya :



PENGEMBANGAN MEDIA TAKTIK BUTARNA BERBASIS STEAM
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah  mengembangkan media belajar berbasis STEAM  (Science Technology Engenering Arts Matematic) khususnya pada pengembangan media belajar pada pembelajaran tematik kelas 1. Hasil pengembangan inovasi media belajar yang dicapai adalah sebuah karya inovasi media belajar Tak Tik Butarna berbasis (Science Technology Engenering Arts Matematic)  untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains pada peserta didik kelas I. Pendekatan yang digunakan merujuk pada pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic) yaitu melalui sintaks menganalisis, mensintesis, membuat kesimpulan serta mengatur strategi dan taktik. Poin penting dalam karya inovasi ini adalah dampak yang dihasilkan dari pengembangan inovasi pembelajaran Tak Tik Butarna berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic) terhadap keterampilan berpikir kritis dan budaya literasi sains. Metodologi penelitian ini mengacu pada penelitian  dan pengembangan (Research and Development) dengan mengambil desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian sebelum menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM diketahui  rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 74,89 dan rata – rata kelas literasi sains 73,60 dan sesudah menggunakan media tak tik butarna berbasis STEAM dapat diketahui bahwa rata – rata kelas keterampilan berpikir kritis peserta didik 86,67 dan rata – rata kelas literasi sains 88,44. Hasil penelitian inovasi ini membuktikan bahwa melalui media tak tik butarna berbasis STEAM keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat sehingga berdampak pada literasi sains. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam menciptakan inovasi media belajar baru bagi peserta didik sangat penting guna untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dan pada akhirnya berdampak positif pada hasil belajar peserta didik.


Kata kunci : Media Tak Tik Butarna Berbasis STEAM (Science Technology Engenering Arts Matematic), Keterampilan Berpikir Kritis, Literasi Sains

UNDUH DI SINI ⇓




Semoga bermanfaat ...aamiin